BIMTEK PENGELOLAAN BUMDES [08-10.12.2020]



Pendahuluan

BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa menurut Peraturan Pemerintah No 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembaruan.
Badan Usaha Milik Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.
Sebenarnya bentuk kelembagaan ini telah diamanatkan di dalam UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 71 Tahun 2005 tentang Desa.

Langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan perekonomian di pedesaan sudah sejak lama dijalankan melalui berbagai program.
Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil yang memuaskan karena angka kemiskinan masih mendominasi di desa dibandingkan di kota.
Sekitar 2/3 bagian kemiskinan didominasi oleh desa.

Kesenjangan antara desa dan kota ini disebabkan salah satunya oleh ketidakmerataannya pembangunan.
Sayangnya manfaat dari pembangunan lebih dirasakan oleh kelompok lapisan atas, sehingga kesenjangan sosial dan ekonomi semakin terasa.

Lingkup Materi

Dalam acara ini kita diajarkan berbagai materi penting mengenai BUMDes, antara lain:
1. Prinsip dasar Pendirian BUMDes
2. Proses pendirian BUMDes
3. Pemetaan dan pemilihan jenis usaha
4. Analisa kelayakan usaha
5. Administrasi dan pengelolaan usaha

Profil Narasumber

Dengan panduan dari mentor Bpk. Putu Widiantara, seorang yang telah banyak berpengalaman sebagai konsultan dan praktisi Corporate Social Responsibility (CSR).

Jadwal dan Investasi

Segera pastikan diri Anda mengikuti acara ini pada hari Selasa-Kamis, tanggal 8-10 Desember 2020, pukul 19:00 WIB sampai selesai.
Investasi untuk umum adalah Rp 600.000 dan harga khusus tersedia untuk member hanya sebesar Rp 450.000 dimana sudah termasuk mendapatkan materi, sertifikat, dan konsultasi berkelanjutan.

Contact Person

Segera daftarkan diri Anda serta kolega pada Bpk. Syahrul di 0822-4824-3457 atau Bpk. Ferdy 0852-8740-3838

Sampai jumpa! :-)

Komentar